Selasa, 15 Oktober 2013

FEBLY GUSHENDRA

FEBLY GUSHENDRA


PROFIL PEMAIN
INFORMASI PRIBADI
Nama Lengkap  : Febly Gushendra

Tempat,tgl Lahir : Paseman Barat 24 February 1995

Posisi Pemain   : Bek

Kehidupan Pribadi :
Nama pemberian orang tuanya. Ia menekuni sepak bola sejak kelas 5 SDN nomor 63 Surabayo, Lubuk Basung, kabupaten Agam, pada SSB Tunas Harapan Lubuk Basung.

Remaja kelahiran Muaro Kiawai, Pasaman Barat,24 Februari 1995 itu mengawali karir sepak bola dari lapangan sawah di Lubuk Basung. Kini tercatat sebagai pemain Tim Nasional U-19 Tahun.

Febly, menurut orang tuanya, Gusrimal Elja, sejak kecilnya sudah gila bola. Tidak jarang ia kena marah karena memecahkan kaca jendela rumah orang tuanya akibat tendangan bolanya. Ia pun tidur dengan memeluk bola. Di kamarnya terdapat bola berbagai ukuran, sejak dari bola tenis, sampai bola plastik seukuran kepala orang dewasa.

Di SDN 63 Surabayo, ia pun dikenal berkat kegilaannya pada bola. Pada usia 11 tahun, kala itu masih duduk di kelas 5 SD, ia pun bergabung dengan rekan-rekan lainnya sebagai siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) Tunas harapan, pimpinan Benny Sastra, S.Pd. Kala itu SSB tersebut bermarkas di lapangan hijau Surau Kariang, Lubuk Basung.

Menurut Benny Sastra, Febly merupakan pemain belakang yang handal. Ia berani, dan kemampuannya di atas rata-rata teman-temannya. Makanya, ia selalu dipercaya sebagai pengawal pertahanan Tunas Harapan dalam setiap laga yang dilakoni SSB tersebut.

Febly sebagai pemain belakang nomor punggung 3 telah banyak mengikuti pertandingan bersama Tunas Harapan. Antara lain, juara 1 U-13 tahun 2008 Piala Yamaha Sumbar. Kemudian terpilih memperkuat Timnas U-13 tingkat Asean yang berlaga Vietnam tahun 2008. Juara II Piala Nike (MPUC) di Bukittinggi tahun 2010. Juara 1 LPI SMP tingkat Agam tahun 2010. Masuk peringkat delapan besar LPI Sumbar 2010 (SMPN 3 Lubuk Basung). Juara II U-15 tingkat Sumbat 2011 (Pengcab PSSI Padang). Juara 1 LPI Kota Padang dan Juara 1 LPI Sumbar tahun 2011. Pemain Timnas usia 18 tahun 2012 melawan Iran. Ia ikut memperkuat Timnas usia 19 tahun pada Piala AFF tahun 2013. Tangga juara yang diraih, pasca mengungguli Vietnam melalui adu penalti, merupakan kenangan manis bagi Febly.

Selanjutnya, insya-Allah ia akan memperkuat Timas ke kejuaraan Piala AFC, yang berlaga melawan Laos, Filipina, dan Korea, mulai Selasa, 8 Oktober 2013 di Sidoardjo.

Ia kini menjadi idola pesepakbola remaja Kabupaten Agam. bahkan, ia menjadi kebanggaan dan inspirasi, yang diharapkan kian memotivasi pembinaan dan pengembangan persepakbolaan di Kabupaten Agam ke depan.  

Febly Gushendra terpilih sebagai pemain sepak bola bergabung dengan Tim Nasional Usia 19 tahun, melalui seleksi ketat. Semangatnya kian menggebu untuk berkarir di sepak bola berkat dukungan kedua orang tuanya, Gusrimal Elja dan Hendra Yanti, serta dukungan dari pelatihnya di Tunas Harapan, Benny Sastra dan kawan-kawan.

Berkat kegigihan Febly si suppor dari berbagai kalangan, Febly anak kedua dari tiga bersaudara semua laki-laki, lulus seleksi dan dapat menamatkan pendidikannya di SMA Ragunan. Setamat SMPN 3 Lubuk Basung, Febly sempat melanjutkan pendidikan di salah satu SMAN di Padang, sekaligus menjadi atlet binaan PPLP Sumbar. Setahun kemudian ia hijrah ke PPLP Ragunan. Ia menamatkan pendidikan di SMAN Ragunan tahun ini.

Ketika mendapat kesempatan pulang kampung, Febly, Rabu (25/9) menyempatkan diri hadir latihan bersama SSB Tunas Harapan, untuk memotivasi adik- adik “bolanya” di lapangan SMP 1 Lubuk Basung.

Satu langkah maju bagi Febly, termasuk pemain Timnas lainnya, pihak PSSI akan memberikan beasiswa untuk kuliah di salah satu perguruan tinggi yang sudah ada kerja samanya dengan PSSI. (Yun.S)

1 komentar:

  1. Satu SMP sama satu SSB, SSB Tunas Harapan Surau Kariang, tp beda nasib kito kawan... congrate...! terimakasih Pak Ben...

    BalasHapus